Selasa, 12 September 2017

PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KERUSAKAN


PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KERUSAKAN



Di era modern , perkembangan dunia industri begitu pesat. Pembabatan lahan untuk pembangunan pabrik sebagai kawasan industri semakin meningkat. Mengesampingkan dampak yang terjadi, dan mengedepankan dunia bisnis rasanya tidak etis bagi masyarakat disekitar lingkungan tersebut. Tahun 2017 , kian padat dengan gedung pencakar langit dan kawasan industri dimana-mana. Merusak lingkungan, pencemaran udara adalah beberapa dampak dari sekian banyak dampak yang dihasilkan dari pertumbuhan ekonomi dikawasan perindustrian. Salah satu kota yang sudah didominasi oleh kawasan industri adalah Gresik.

Gresik adalah nama salah satu Kabupaten di Jawa Timur, dikenal dengan sebutan Kota Pudak. Karena oleh-oleh khas Gresik adalah Pudak. Jika dilihat dari perkembangannya , Gresik merupakan salah satu Kabupaten dengan pembangunan industri yang sangat pesat. Disisi lain tumbuhnya pabrik-pabrik lokal maupun asing juga berdampak pada bertambahnya lapangan pekerjaan sehingga pertumbuhan ekonomi pun otomatis juga akan meningkat. Tapi yang mengecewakan ketika beberapa pabrik-pabrik tersebut tidak menghiraukan kelestarian lingkungan alam dengan membuang limbah cair ke sungai tanpa proses pengelolaan limbah yang berwawasan lingkungan. Hal ini akan merugikan manusia dan juga ekosistem di sekitar lingkungan tersebut. Salah satu hal yang diupayakan pemerintah dalam mengurangi dampak negatif tersebut adalah dengan cara memusatkan pabrik-pabrik dalam satu kawasan yang disebut KIG (Kawasan Industri Gresik). Langkah ini dirasa efektif dalam mengurangi kerusakan lingkungan alam karena industri-industri besar dipusatkan dalam satu wilayah dan otomatis polusi yang dihasilkan tidak akan menyebar samppai permukiman penduduk. Biasanya suatu kawasan industri dilengkapi oleh sistem pengolah limbah, jadi dengan adanya sistem tersebut dampak negatif tersebut bisa diminimalkan. Akan tetapi, realitanya banyak berdiri pabrik-pabrik diluar kawasan perindustrian yang mengekploitasi lahan produktif pertanian maupun perikanan dan banyak dampak negatif yang mengganggu lingkungan penduduk sekitar.


 Fenomena kawasan industri sudah menjadi momok yang mencekam bagi kota ini. Terlihat disamping jalan menuju kawasan kota Gresik, sudah sangat jarang dijumpai pepohonan hijau nan rindang. Itulah salah satu dampak dari pembangunan kawasan industri. Seringkali para investor asing maupun investor dalam negeri merancang pembangunan tanpa memperhatikan dampak yang dihasilkan..

Dampak yang sangat terasa bagi masyarakat sekitar yakni suhu udara yang meningkat, polusi akibat asap pabrik dan limbah yang kurang pengolahan membuat pencemaran pada air dilingkungan industri tersebut. Gresik menjadi kota dengan suhu udara yang panas, akibat aktivitas industri tiap harinya.

Pertumbuhan Ekonomi tentunya tidak bisa dipungkiri akan meningkat tiap tahunnya, jika dilihat dari kota Gresik ini maka pertumbuhan ekonomi yang terjadi adalah meningkatnya kawasan bisnis dengan dibangunnya industri berbagai produk di Indonesia membuat Gresik memiliki nilai tersendiri dimata invenstor. Selain itu, dengan adanya kawasan industri tentunya bermanfaat bagi bertambahnya penerimaan pada APBD Gresik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL OBSERVASI DI LEMBAGA AMIL ZAKAT "MASJID AL-AKBAR SURABAYA"

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang                         Sistem penarikan, proses, maupun pendistribusian zakat dan waka...